Budaya Idul Fitri di Temanggung yang Begitu Asyik

 

Tulisan ini sudah ditulis sejak 2019 lalu, namun mengingat kondisi saat ini di tengah iklim persatuan yang sedang diuji, krisis yang membayangi, dan berbagai keputusasaan yang kita alami di tengah pandemi. Penulis merasa perlu untuk menerbitkan kembali, secuplik cerita pengalaman penulis merayakan Hari Raya Idul Fitri di kampung halaman di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Sebagai pengingat bahwa persatuan selalu saja menyisakan kebahagiaan untuk semuanya. Selamat membaca..

Hari Sabtu pada Idul Fitri setahun yang lalu, tepatnya hari Kamis (8/6) 2019 lalu, saya beserta rombongan keluarga bersilaturahim ke beberapa sanak saudara yang berada di Desa Carikan Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Desa ini terkenal dengan masyarakatnya yang majemuk dan mempunyai keyakinan agama yang berbeda-beda. Rombongan kami adalah saya, Bapak, Adek dan dua sepupu saya yang masih kecil-kecil sekitar 5 dan 7 tahun.

Sekitar pukul 13.00 WIB selepas dhuhur, saya dan rombongan melanjutkan perjalanan dari Desa Kluwung menuju Desa Carikan di kecamatan Jumo. Kami tiba di rumah pertama yang dituju. Sebenarnya saya memang baru pertama kali kesini, biasanya memang hanya Bapak, Ibu, atau Paman, mengingat sudah keturunan keberapa dari kakak beradik Mbah putri.

Kami sempat makan, dan kedua sepupu saya main di kandang kambing. Maklum saja anak-anak memang senang dengan binatang. Kami melanjutkan ke rumah yang lain. Sebelumnya Ibu memang sudah banyak bercerita jika Mbah putri punya banyak saudara dari berbagai latar belakang, namun perbedaan seperti agama yang dipeluk tidak menjadi penghambat silaturahmi. Setiap kali ada acara di tampat kami, mereka (saudara Mbah putri) selalu turut datang, idul fitri pun juga turut sowan ke Mbah putri.

Tatapi memang baru pertama kali ini aku singgah di Budhe yang merupakan seorang Budha yang taat. Kami disambut sangat ramah dan sudah ditunggu-tunggu. Aku membatin:

“Ohh jadi disini to yang paman ngambil kitab Budha itu”

Sewaktu kecil aku memang pernah menemukan kitab Budha berbahasa Indonesia di rumah Mbah putri, aku pun sempat membacanya, rupanya yang membawa kitab tersebut adalah paman saya. Bukan karena ingin berpindah kepercayaan atau apa, sebagai seorang pemuda waktu itu cukup dimaklumi jika paman mempunyai rasa penasaran yang begitu besar. Begitupun denganku waktu itu.

Kami tetap melakukan sungkeman dan dua sepupu saya asyik makan permen. Setelah minum, makan dan banyak bercerita menjalin kembali silaturahim, kami pun bersiap pamit. Namun sebelum pamit sepupu saya kembali membuat tingkah. Mereka sibuk berebutan permen warna ungu yang akhirnya justru permen di toples kembali dituang dengan yg baru oleh pemilik rumah. Dua sepupu saya itu kegirangan dan mengisi kantong kantong celana mereka dengan banyak permen, sampai dibantu mengisinya juga oleh Budhe sampai penuh permen di kedua kantongnya.

Kami melanjutkan singgah ke rumah yang lain dengan berjalan kaki. Saya menyadari bahwa rupanya banyak juga Wihara di tempat ini. Nampaknya penganut Budha cukup banyak di Desa Carikan. Banyak Masjid dan Wihara berdiri berdampingan memperlihatkan harmoni kerukunan antara pemeluknya.

Akhirnya kami sampai di rumah tujuan,  rumah kedua ini kembali menjadi target serbuan dua sepupu saya karena punya banyak coklat. Dan kami kembali pamitan dengan mengantongi banyak coklat. Hingga sepulang dari rumah yang terakhir saya baru tahu dari Bapak kalau pemilik tumah yg terakhir justru seorang kristen yang taat.Sebelumnya kami diantar oleh Budhe saya yg dari rumah pertama, namanya Budhe Sukri. Beliau pun kini adalah seorang muslim karena menikah dengan laki-laki muslim.

Banyak sekali yang saya dapatkan dari silaturahim kali ini. Terlihat betapa naturalnya Bapak mengajari kami tentang arti toleransi sejak kecil. Obrolan tetap terasa nikmat apalagi dengan sambutan pemilik rumah yang sudah ikut merayakan segala atribut-atribut Idulfitri, dari anak-anaknya yang turut mudik sampai segala macam makanan khas lebaran pun turut mereka masak. Walaupun tak ikut merayakan tapi bagi kami kedua Budhe saya ini seperti benar-benar berniat untuk menyambut keluarganya yang muslim.

Toh walaupun paman saya pernah membaca kitab Budha itu dia tetap menjadi seorang Santri dan sholat 5 waktu. Rupanya memang yang namanya ‘Akidah’ tak akan luntur hanya karena membaca kitab agama lain apalagi hanya karena ikut menjaga gereja ketika Natal. Akidah adalah sesuatu yang Kokoh dari dalam jiwa, hati, fikir dan perbuatan.

“Maka sesungguhnya ia telah brpegang kepada bubul tali yang kokoh” (Q.S. 31:22).

Syaikh Abdul Qadir al Jaelani mengatakan bahwa seorang pengesa memiliki kekuatan tauhid. Tidak ada lagi baginya yang disebut ayah, ibu, keluarga, teman, musuh, kekayaan, jabatan atau ketenangan bersama apapun, melainkan hanya ketergantungan di pintu Allah azza wa jalla dan anugerah-anugerah-Nya.

Baca juga; Pesan Syaikh Abdul Qadir al-Jailani: Mengapa Kita Harus Selalu Berdoa ?

Saya jadi berpikir kenapa isu-isu intoleransi selalu saja menghiasi kanal-kanal media kita. Padahal masyarakat antar agama di negara ini hidup ayem tentrem saja. Turut menyemarakkan Idulfitri, menjaga gereja dan Wihara ketika berlangsung upacara keagamaan dll. Mungkin jika ada konflik antar umat beragama, perlu dicari tahu lebih dalam apakah itu murni konflik agama. Persoalan semacam itu harus dicari akar permasalahannya karena biasanya suatu konflik tak hanya berdiri sendiri, selalu ada unsur-unsur lain sebagai persoalan utamanya seperti persoalan ekonomi, politik dll.

Tapi memang isu agama terlampau seksi untuk tidak dijadikan sebagai isu utama. Hingga melihat realita yang ada pada pemeluk agama di Nusantara ini, apakah media atau kita sendiri rela akan mencedarai kerukunan yang sudah dibangun sejak berabad-abad lamanya hanya untuk kepentingan nafsu politik dan kekuasaan, tentu tidak bukan.

Hingga memastikan kebenaran berita yang kita terima menjadi sangat pentig dan krusial. Walaupun kini lidah tak pandai lagi berbohong namun jari-jari kini menjadi semakin lihai menyebarkan berita bohong. Jadi mari kita sebarkan berita yg apa adanya baik, bukan terus terusan memproduksi atau menyebar informasi yang belum diketahui pasti kebenarannya. Sikap mawas diri terhadap segala bentuk informasi yang masuk akan menjadi sistem imun yang ampuh untuk menangkal segala ujaran kebencian dan intoleransi.

Selamat untuk terus menyuburkan kebersamaan, semoga semangat persatuan dan saling menghargai bisa terus kita pupuk hingga hari-hari selalu berjalan dengan tenang, rukun dan ayem tentrem.

***

Tulisan ini juga pernah dimuat dalam Mubaadalahnews.com

Share:

0 komentar